BASIC 05 : PERSIAPKAN DIRI ANDA SEKARANG

Sun Tzu pernah menulis ribuan tahun sebelum Masehi, pelajarilah musuhmu, maka engkau akan memenangkan seribu pertempuran melawannya. Mempelajari adalah identik dengan persiapan. Kita sudah bersama-sama pergi ke pameran dagang ekspor pada tulisan lalu, disana kita sudah menjumpai fenomena klasik yang memiriskan hati. Bayangkan jika ikut pameran dagang ekspor Anda tidak melakukan persiapan apa pun. Sungguh saya tidak ingin Anda berprilaku demikian. Anda akan buang dana, tenaga, upaya dan juga harapan.

Kini bentuk persiapan apa yang harus Anda lakukan ?  Saya akan mulai dari diri Anda sendiri. Untuk memunculkan integritas yang Anda miliki, Anda harus mengubah paradigma berpikir Anda. Yaitu dimulai dengan :

1. Anda harus memperluas wawasan Anda. Janganlah minder jika Anda tidak memiliki pengalaman akademik. Percayalah, para pengusaha yang melakukan ekspor 85% bukan orang sekolahan, tapi para marketing export manager 85% adalah orang sekolahan sampai S2. Intinya adalah pada wawasan. Wawasan bukan cuma konsep pikir Anda tapi merupakan kesatuan dari kesadaran, pemahaman, itikad baik, ketulusan, rasa syukur, pemaaf, tidak serakah, ikhlas, taqwa dan hal-hal luhur lain yang ada dalam hati manusia. Kedengarannya idealis mungkin. Tapi itu hal paling pokok yang saya alami sendiri (maaf bukan berarti saya termasuk orang seperti itu, percayalah pada punggung saya belum tumbuh sepasang sayap). Wawasan Anda yang akan menentukan dan bisa jadi motor penggerak bagi apa pun yang akan Anda lakukan untuk memasuki pasar ekspor.

2. Hancurkan mitos-mitos yang bilang keadaan lagi sulit, Anda kudu pinter berbahasa Inggeris, masuk pasar ekspor itu sulit dan sebagainya. Tidak. Tidak. Tidak. Seluruh mitos yang dibentuk orang-orang disekeliling Anda umumnya 100% bersifat menghalangi. Percaya atau tidak dalam banyak kasus orang yang paling mendukung Anda adalah isteri/suami Anda. Mitos terbentuk supaya kelihatan dan kedengeran keren, supaya kagak ada pesaing lain, timbul dari rasa serakah, iri dan seterusnya. Abaikan semua ini. Yakinlah Anda memiliki kemampuan. Jika Anda berpikir banyak kekurangan dalam diri Anda, itu bagus karena artinya Anda sadar dengan kekurangan yang Anda miliki sehingga mendorong Anda untuk memperbaikinya. Jadikan semua itu masuk telinga kiri dan biarkan keluar dari telinga kanan Anda.

3. Belajar berpikir global. Intinya Anda kagak sendirian di planet Bumi ini. Masih ada sekitar 6,3 milliar minus satu orang (diri Anda) yang hidup saat ini. Jika Anda berpikir lokal, maksud saya cuma sekitar dimana Anda tinggal ; kini Anda harus belajar berpikir seluas kelurahan, lalu seluas kecamatan, kotamadya, propinsi, negara dan akhirnya ke negara-negara tetangga. Mohon Anda dapat memahami apa yang saya maksudkan. Hal ini penting agar Anda siap menghayati bahwa pasar ekspor itu tidak seperti yang kita pikirkan. Tapi jangan gentar, justeru akan amat menarik hati dan banyak tantangan yang harus kita jawab. Dan dibalik itu semua ada kompensasi tentu yang akan Anda peroleh.

4. Orang Russia punya pepatah kuna yaitu : tunjukan teman-temanmu maka aku akan memberitahu kamu siapa dirimu sebenarnya. Kini kewajiban bagi Anda adalah memperluas pergaulan dan jejaring Anda dengan siapa pun khususnya pribadi-pribadi yang memberikan nilai-nilai positif dalam diri Anda. Buka hati Anda, maka itu akan terpancar pada wajah Anda. Ada chemistry, begitu kira-kira orang bilang. Chemistry yang membuat orang kagak merasa seram menyapa Anda. Jika Anda termasuk jenis orang yang sulit senyum, cobalah berpikir bahwa semua manusia itu pada hakekatnya sama dengan Anda ; jadi alasan apa sikh yang membuat Anda jadi galak setiap waktu. Lemaskan otot muka Anda, senyumlah dan percayalah ada banyak pelajaran bernilai yang akan Anda peroleh setiap hari.

5. Tetap konsisten dengan tujuan Anda yakni memasuki pasar ekspor. Konsistensi sikap, tindakan, pikiran dan sebagainya akan mempercepat laju Anda untuk meraih tujuan yang Anda harapkan. Jujur saya termasuk orang yang tidak konsisten. Jangan tiru diri saya. Anda harus konsisten setiap saat. Mulailah bersikap konsisten pada tahap-tahap dasar baru meningkat pada tahap-tahap lainnya. Mohon jangan pernah melompat, bersikaplah alamiah. Itu akan membuat diri Anda nyaman.

Hanya ke lima point diatas yang perlu Anda persiapkan untuk diri Anda lakukan mulai saat ini. Oh ya jangan takut soal tidak bisa bahasa Inggeris. Saya yakin dengan berjalannya waktu Anda dapat mempelajarinya. Bahasa Inggeris itu gampang banget.  Saya punya teman pengusaha yang mengekspor furnitur ; saya tahu beliau tidak bisa bahasa Inggeris. Tapi dia punya dua kamus handal, satu kamus elektronik dan satunya lagi kalkulator. Jadi tinggal pijat tombol saja maka client saya pun mengerti. Maksud saya mohon jangan sampai harapan Anda gagal hanya gara-gara soal kecil yang mudah diatasi. 

~ by buyingagent on April 14, 2008.

One Response to “BASIC 05 : PERSIAPKAN DIRI ANDA SEKARANG”

  1. wah, makasih banyak ya pak Ilmunya ….
    saya sangat terbantu dengan artikel ini , karena cita-cita saya
    adalah bisa jadi exportir seperti http://www.guitarminiature.com/
    saya ingin sekali jualan miniatur gitar dari Yogya,
    tapi Ilmu saya masih sangat kurang,.. terima kasih atas Artikel yang sangat berharga ini …

    Ifan.
    http://www.geocities.com/belajar_musik

Leave a comment